Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani
Main Author: | Tulistiyani, Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103629/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimindmapaktivitashasilbelajarIPSSDBerdasarkanhasiltespratindakanyangpenelitilakukandikelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangsemuasiswanilainyadibawahrata-rata.Siswakurangmemahamimaterikoperasikarenapembelajaranyangditerapkanmembuatsiswamerasabosandankurangbersemangat.PembelajaranyangdilakukanguruyaitudengantanyajawabdiberikanpenjelasandanmengerjakanLKS.SelainitumenurutpenjelasandarisalahsatugurubahwasiswakelasIVdayaingatnyakurang.Untukitudalampenelitianiniditerapkanteknikpembelaranmindmapuntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanaktivitasbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang(2)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangdenganprosedurpenelitianmenurutKemmisMC.Taggartyangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusmeliputi4tahapandiantaranya(1)perencanaan(2)tindakandanobservasi(3)refleksidan(4)perbaikanrencana.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancara(3)pedomandokumentasi(4)soal-soaltes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilaiaktivitassiswamencapaiprosentaseketuntasanklasikal3333%padasiklusI8889%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari6561padasiklusI7922padasiklusII.Sedangkanhasilbelajardidapatkanprosentaseketuntasanklasikal0%padapratindakanmenjadi2222%padasiklusI7778%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari1367padapratindakanmenjadi6411padasiklusI7561padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaituteknikpembelajaranmindmapdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadalampembelajaranIPSkelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.Saranyangdiberikanyaituhendaknyagurudapat(a)menerapkanteknikpembelajaranmindmapsebagaivariasiteknikpembelajaranagarsiswatidakmerasajenuhdalammengikutipembelajaran(b)memilihteknikpembelajaranyangsesuaidanefektifdalampenyampaianmateripelajaranIPS(c)agarpengetahuansiswadapatberkembangmakasebaiknyasiswadiberikantindaklanjutuntukmembuatcatatandenganmenggunakanteknikmindmapuntukpembelajaranberikutnya.