Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani

Main Author: Tulistiyani, Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103629/
ctrlnum 103629
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103629/</relation><title>Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani</title><creator>Tulistiyani, Yuli</creator><description>KatakuncimindmapaktivitashasilbelajarIPSSDBerdasarkanhasiltespratindakanyangpenelitilakukandikelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangsemuasiswanilainyadibawahrata-rata.Siswakurangmemahamimaterikoperasikarenapembelajaranyangditerapkanmembuatsiswamerasabosandankurangbersemangat.PembelajaranyangdilakukanguruyaitudengantanyajawabdiberikanpenjelasandanmengerjakanLKS.SelainitumenurutpenjelasandarisalahsatugurubahwasiswakelasIVdayaingatnyakurang.Untukitudalampenelitianiniditerapkanteknikpembelaranmindmapuntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanaktivitasbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang(2)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangdenganprosedurpenelitianmenurutKemmisMC.Taggartyangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusmeliputi4tahapandiantaranya(1)perencanaan(2)tindakandanobservasi(3)refleksidan(4)perbaikanrencana.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancara(3)pedomandokumentasi(4)soal-soaltes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilaiaktivitassiswamencapaiprosentaseketuntasanklasikal3333%padasiklusI8889%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari6561padasiklusI7922padasiklusII.Sedangkanhasilbelajardidapatkanprosentaseketuntasanklasikal0%padapratindakanmenjadi2222%padasiklusI7778%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari1367padapratindakanmenjadi6411padasiklusI7561padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaituteknikpembelajaranmindmapdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadalampembelajaranIPSkelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.Saranyangdiberikanyaituhendaknyagurudapat(a)menerapkanteknikpembelajaranmindmapsebagaivariasiteknikpembelajaranagarsiswatidakmerasajenuhdalammengikutipembelajaran(b)memilihteknikpembelajaranyangsesuaidanefektifdalampenyampaianmateripelajaranIPS(c)agarpengetahuansiswadapatberkembangmakasebaiknyasiswadiberikantindaklanjutuntukmembuatcatatandenganmenggunakanteknikmindmapuntukpembelajaranberikutnya.</description><date>2011-05-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Tulistiyani, Yuli (2011) Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103629</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Tulistiyani, Yuli
title Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani
publishDate 2011
url http://repository.um.ac.id/103629/
contents KatakuncimindmapaktivitashasilbelajarIPSSDBerdasarkanhasiltespratindakanyangpenelitilakukandikelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangsemuasiswanilainyadibawahrata-rata.Siswakurangmemahamimaterikoperasikarenapembelajaranyangditerapkanmembuatsiswamerasabosandankurangbersemangat.PembelajaranyangdilakukanguruyaitudengantanyajawabdiberikanpenjelasandanmengerjakanLKS.SelainitumenurutpenjelasandarisalahsatugurubahwasiswakelasIVdayaingatnyakurang.Untukitudalampenelitianiniditerapkanteknikpembelaranmindmapuntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanaktivitasbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang(2)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangdenganprosedurpenelitianmenurutKemmisMC.Taggartyangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusmeliputi4tahapandiantaranya(1)perencanaan(2)tindakandanobservasi(3)refleksidan(4)perbaikanrencana.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancara(3)pedomandokumentasi(4)soal-soaltes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilaiaktivitassiswamencapaiprosentaseketuntasanklasikal3333%padasiklusI8889%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari6561padasiklusI7922padasiklusII.Sedangkanhasilbelajardidapatkanprosentaseketuntasanklasikal0%padapratindakanmenjadi2222%padasiklusI7778%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari1367padapratindakanmenjadi6411padasiklusI7561padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaituteknikpembelajaranmindmapdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadalampembelajaranIPSkelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.Saranyangdiberikanyaituhendaknyagurudapat(a)menerapkanteknikpembelajaranmindmapsebagaivariasiteknikpembelajaranagarsiswatidakmerasajenuhdalammengikutipembelajaran(b)memilihteknikpembelajaranyangsesuaidanefektifdalampenyampaianmateripelajaranIPS(c)agarpengetahuansiswadapatberkembangmakasebaiknyasiswadiberikantindaklanjutuntukmembuatcatatandenganmenggunakanteknikmindmapuntukpembelajaranberikutnya.
id IOS13003.103629
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
last_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
recordtype dc
_version_ 1752721309816586240
score 17.13294