Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani
Main Author: | Tulistiyani, Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103629/ |
ctrlnum |
103629 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103629/</relation><title>Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani</title><creator>Tulistiyani, Yuli</creator><description>KatakuncimindmapaktivitashasilbelajarIPSSDBerdasarkanhasiltespratindakanyangpenelitilakukandikelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangsemuasiswanilainyadibawahrata-rata.Siswakurangmemahamimaterikoperasikarenapembelajaranyangditerapkanmembuatsiswamerasabosandankurangbersemangat.PembelajaranyangdilakukanguruyaitudengantanyajawabdiberikanpenjelasandanmengerjakanLKS.SelainitumenurutpenjelasandarisalahsatugurubahwasiswakelasIVdayaingatnyakurang.Untukitudalampenelitianiniditerapkanteknikpembelaranmindmapuntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanaktivitasbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang(2)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangdenganprosedurpenelitianmenurutKemmisMC.Taggartyangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusmeliputi4tahapandiantaranya(1)perencanaan(2)tindakandanobservasi(3)refleksidan(4)perbaikanrencana.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancara(3)pedomandokumentasi(4)soal-soaltes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilaiaktivitassiswamencapaiprosentaseketuntasanklasikal3333%padasiklusI8889%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari6561padasiklusI7922padasiklusII.Sedangkanhasilbelajardidapatkanprosentaseketuntasanklasikal0%padapratindakanmenjadi2222%padasiklusI7778%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari1367padapratindakanmenjadi6411padasiklusI7561padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaituteknikpembelajaranmindmapdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadalampembelajaranIPSkelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.Saranyangdiberikanyaituhendaknyagurudapat(a)menerapkanteknikpembelajaranmindmapsebagaivariasiteknikpembelajaranagarsiswatidakmerasajenuhdalammengikutipembelajaran(b)memilihteknikpembelajaranyangsesuaidanefektifdalampenyampaianmateripelajaranIPS(c)agarpengetahuansiswadapatberkembangmakasebaiknyasiswadiberikantindaklanjutuntukmembuatcatatandenganmenggunakanteknikmindmapuntukpembelajaranberikutnya.</description><date>2011-05-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Tulistiyani, Yuli (2011) Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103629</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Tulistiyani, Yuli |
title |
Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani |
publishDate |
2011 |
url |
http://repository.um.ac.id/103629/ |
contents |
KatakuncimindmapaktivitashasilbelajarIPSSDBerdasarkanhasiltespratindakanyangpenelitilakukandikelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangsemuasiswanilainyadibawahrata-rata.Siswakurangmemahamimaterikoperasikarenapembelajaranyangditerapkanmembuatsiswamerasabosandankurangbersemangat.PembelajaranyangdilakukanguruyaitudengantanyajawabdiberikanpenjelasandanmengerjakanLKS.SelainitumenurutpenjelasandarisalahsatugurubahwasiswakelasIVdayaingatnyakurang.Untukitudalampenelitianiniditerapkanteknikpembelaranmindmapuntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanaktivitasbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang(2)mendeskripsikanpenerapanteknikpembelajaranmindmapuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas.SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasIVSDNPisangCandi3KotaMalangdenganprosedurpenelitianmenurutKemmisMC.Taggartyangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusmeliputi4tahapandiantaranya(1)perencanaan(2)tindakandanobservasi(3)refleksidan(4)perbaikanrencana.Instrumenpadapenelitianiniberupa(1)pedomanobservasi(2)pedomanwawancara(3)pedomandokumentasi(4)soal-soaltes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilaiaktivitassiswamencapaiprosentaseketuntasanklasikal3333%padasiklusI8889%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari6561padasiklusI7922padasiklusII.Sedangkanhasilbelajardidapatkanprosentaseketuntasanklasikal0%padapratindakanmenjadi2222%padasiklusI7778%padasiklusII.Begitujugarata-rataklasikalnyadari1367padapratindakanmenjadi6411padasiklusI7561padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaituteknikpembelajaranmindmapdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadalampembelajaranIPSkelasIVSDNPisangCandi3KotaMalang.Saranyangdiberikanyaituhendaknyagurudapat(a)menerapkanteknikpembelajaranmindmapsebagaivariasiteknikpembelajaranagarsiswatidakmerasajenuhdalammengikutipembelajaran(b)memilihteknikpembelajaranyangsesuaidanefektifdalampenyampaianmateripelajaranIPS(c)agarpengetahuansiswadapatberkembangmakasebaiknyasiswadiberikantindaklanjutuntukmembuatcatatandenganmenggunakanteknikmindmapuntukpembelajaranberikutnya. |
id |
IOS13003.103629 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721309816586240 |
score |
17.13294 |