Penerapan model learning cycle (LC) 5 face untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V-B SDN Bareng 01 Kecamatan Klojen kota Malang / Setiyani Eka Ningsih
Main Author: | Ningsih, Setiyani Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103498/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranIPAModelLearningCycle(LC)5fase.PembelajaranIPApadasiswakelasV-BSDNBareng01masihrendahberdasarkanobservasiawalditemukanbahwadalampembelajaranguruselalumenyampaikaninformasimateridenganberceramah.Aktivitassiswahanyamendengarkanpenjelasandarigurukemudianmengerjakansoal-soal.Pembelajarantersebutmengakibatkanhasilbelajarsiswarendah.Ketuntasanbelajarsiswahanyamencapai548453denganrata-ratakelasmencapai553.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan(1)bagaimanapenerapanpembelajarandenganmodelLearningCycle(LC)5FaseuntukmeningkatkanpembelajaranIPASiswakelasV-BSDNBareng01(2)aktivitassiswakelasV-BSDNBareng01setelahditerapkanmodelLearningCycle5Fase(3)hasilbelajarsiswakelasV-BSDNBareng01setelahditerapkanmodelLearningCycle5Fase.PenelitianinimenggunakanpendekatanDeskriptifKualitatifsedangkanjenispenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas.Untukmengumpulkandatamenggunakanteknikobservasidokumentasicatatanlapangansertates.SedangkaninstrumennyaberupalembarobservasipenyusunanRPPdenganmodelLC5FaseLembarobservasiPenerapanModelLC5FaseLembarobservasiaktivitassiswaLembarcatatanlapangansertalembarsoaltes.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanModelLearningCycle(LC)5FasedapatmeningkatkanpembelajaranIPA.Terbuktipadapembelajaranyangsudahdilaksanakansiswaterlibatlangsungdalampembelajaransedangkangurusebagaifasilitator.ProsentaseKeberhasilanpenyusunanRPPpadasiklus1mencapai9728453meningkatpadasiklus2menjadi1008453sedangkanProsentaseuntukkeberhasilangurudalammenerapkanmodelpadasiklus1mencapai8518453danmeningkatpadasiklus2menjadi9638453.AktivitasSiswaKelasV-BsetelahditerapkanmodelLC5FasepadapembelajaranIPAmeningkat.Haliniterbuktidenganskorrata-ratakelasdarisiklus1yanghanyamencapai68meningkatpadasiklus2menjadi732.DanHasilbelajarSiswaKelasV-BsetelahditerapkanmodelLC5FasepadapembelajaranIPAmeningkat.Halinidapatdilihathasilbelajarpadasiklus1skorrata-ratakelasmencapai655sedangkanpadasiklus2meningkatmenjadi728.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagiguru(1)dalammelaksanakanpembelajarandenganmodelLC5Fasememerlukanpersiapanyangmatang(2)sebaiknyagurulebihdapatmengelolakelompokdankelas(3)gurulebihmenguasaimateridanwaktudalampembelajaran.