Penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III semester II SDN 2 Karanganyar Trenggalek tahun pelajaran 2007/2008

Main Author: Luvitasari, Dhina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/102447/
Daftar Isi:
  • Pendekatankontekstual(CTL)adalahsuatupendekatanpengajaranyangsekaranginimenjaditumpuanharapanparaahlipendidikandanpengajarandalamupayamenghidupkankelassecaramaksimal.Kelasyanghidupdiharapkandapatmengimbangiperubahanyangterjadidiluarsekolahyangdemikiancepat.Tujuanpenelitianiniadalah1)UntukmendeskripsikanpenerapanpendekatanCTLdalampembelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahansiswakelasIIISDN2Karanganyar2)UntukmendeskripsikanpemahamanmateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahansiswakelasIIISDN2KaranganyarsetelahditerapkanpendekatanCTL3)UntukmendeskripsikanapakahpenerapanpendekatanCTLdapatmeningkatkanpemahamanmateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahansiswakelasIIISDN2Karanganyar.Desainpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridari4tahapyaitu(1)Menyusunrencanatindakan(2)Melaksanakantindakan(3)Melakukanobservasi(4)Melakukanrefleksi.PenelitiandilakukandiSDN2Karanganyar.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIIISDN2KaranganyarKecamatanGandusariKabupatenTrenggalekdenganjumlahsiswa25anak.Padapenelitianiniperanpenelitianadalahsebagaiperancangpelaksanapengumpuldanpenganalisisdatasedangkanpengamatandilakukanolehgurulaindanpenelitisendiri.Pengumpulandatadalamlembarobservasidanlembartes.Analisisdatadilakukandenganmetodeanalisisdeskriptifkualitatif