Penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III semester II SDN 2 Karanganyar Trenggalek tahun pelajaran 2007/2008
Main Author: | Luvitasari, Dhina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102447/ |
Daftar Isi:
- Pendekatankontekstual(CTL)adalahsuatupendekatanpengajaranyangsekaranginimenjaditumpuanharapanparaahlipendidikandanpengajarandalamupayamenghidupkankelassecaramaksimal.Kelasyanghidupdiharapkandapatmengimbangiperubahanyangterjadidiluarsekolahyangdemikiancepat.Tujuanpenelitianiniadalah1)UntukmendeskripsikanpenerapanpendekatanCTLdalampembelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahansiswakelasIIISDN2Karanganyar2)UntukmendeskripsikanpemahamanmateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahansiswakelasIIISDN2KaranganyarsetelahditerapkanpendekatanCTL3)UntukmendeskripsikanapakahpenerapanpendekatanCTLdapatmeningkatkanpemahamanmateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahansiswakelasIIISDN2Karanganyar.Desainpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridari4tahapyaitu(1)Menyusunrencanatindakan(2)Melaksanakantindakan(3)Melakukanobservasi(4)Melakukanrefleksi.PenelitiandilakukandiSDN2Karanganyar.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIIISDN2KaranganyarKecamatanGandusariKabupatenTrenggalekdenganjumlahsiswa25anak.Padapenelitianiniperanpenelitianadalahsebagaiperancangpelaksanapengumpuldanpenganalisisdatasedangkanpengamatandilakukanolehgurulaindanpenelitisendiri.Pengumpulandatadalamlembarobservasidanlembartes.Analisisdatadilakukandenganmetodeanalisisdeskriptifkualitatif