PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI FISIKA PADA SISWA KELAS XI SAINS 3 MAN PINRANG

Main Author: Syahiruddin, Syahiruddin
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros , 2018
Online Access: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/98
https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/98/73
Daftar Isi:
  • Penerapan Model Pembelajaran Group Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep materi Fisika pada Siswa Kelas XI SAINS 3 MAN Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran group learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi fisika pada siswa kelas XI SAINS 3 MAN Pinrang.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama adalah kegiatan siklus I dan siklus II sedangkan tahap kedua adalah penyempurnaan data dan penyusunan Laporan.Setelah dilaksanakannya model pembelajaran Group Learning,  hasil belajar siswa meningkat.  Siklus I dengan persentase Rata-rata dari hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar 72,92% ,  sedangkan pada siklus II Persentase rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa 81,24%.  Dari data tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar.