PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI FISIKA PADA SISWA KELAS XI SAINS 3 MAN PINRANG
Main Author: | Syahiruddin, Syahiruddin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/98 https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/98/73 |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Pembelajaran Group Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep materi Fisika pada Siswa Kelas XI SAINS 3 MAN Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran group learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi fisika pada siswa kelas XI SAINS 3 MAN Pinrang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama adalah kegiatan siklus I dan siklus II sedangkan tahap kedua adalah penyempurnaan data dan penyusunan Laporan.Setelah dilaksanakannya model pembelajaran Group Learning, hasil belajar siswa meningkat. Siklus I dengan persentase Rata-rata dari hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar 72,92% , sedangkan pada siklus II Persentase rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa 81,24%. Dari data tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar.