Pengaruh Bahasa Sederhana Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Anak Kelompok B TK Harapan Bangsa Kec. Glenmore Kab. Banyuwangi

Main Author: Firman Ashadi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Modern Ngawi , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/25
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/25/16
Daftar Isi:
  • Pendidikan di TK pada dasarnya adalah pembelajaran yang sederhana dan kongkritserta anak akan mendapatkan pengalaman secara langsung. Salah satu dariperkembangan anak usia dini yang mempengaruhi hasil belajar adalah kegiatanpengembangan bahasa. Setiap kehidupan anak usia dini, selalu mengalami kesulitanakan bahasa yang mereka gunakan. Karena setiap bahasa yang keluar dari mulutmereka, belum tentu mereka mengerti akan artinya. Khususnya di TK pembelajaranbahasa yang sederhana ini memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangankognitif anak.Penelitian ini diklarifikasikan sebagai corelasional reseach. Populasi dari penelitian iniadalah seluruh siwa kelompok B sejumlah 25 anak. Hasil analisis data maka diperolehhasil data sebesar 9,22. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerjaditerima yang berarti ada Pengaruh Pengaruh Pengembangan Bahasa SederhanaTerhadap Hasil Belajar Kogniif Siswa Kelompok B TK Harapan Bangsa kec. Glenmorekab. Banyuwangi. Jika dilihat dari nilai signifikan sebesar 5 persen (3,84), sedangkannilai analisa 9,22, dapat diyakini bahwa pengaruh antara pembelajaran dengankemampuan kognitif kuat.