Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB): Studi Kasus pada Karyawan STMIK Indonesia Padang

Main Author: Aisyah, Hesty
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Mataram , 2020
Online Access: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/1837
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/1837/1102
ctrlnum article-1837
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB): Studi Kasus pada Karyawan STMIK Indonesia Padang</title><creator>Aisyah, Hesty</creator><description lang="en-US">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behaviour (OCB). Penelitian ini merupakan studi kasus pada karyawan di STMIK Indonesia Padang yang berlokasi di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, kualitas layanan akan selalu menjadi faktor penting bagi organisasi yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Kualitas sumber daya manusia di perusahaan akan mempengaruhi kualitas layanan yang diberikan kepadan konsumen atau klien, karena itu perusahaan harus mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan berkinerja baik. Sumber daya manusia &amp;nbsp;yang menunjukkan perilaku OCB diyakini mampu berkinerja lebih baik. Itu sebabnya organisasi perlu membuat karyawan untuk bisa memiliki perilaku OCB yang optimal. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 26 responden, dan pemilihan responden yang dipilih menggunakan simple random sampling. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap variabel OCB. Kepuasan kerja secara parsial mempengaruhi variabel OCB. Sementara itu, komitmen organisasi sebagian memengaruhi OCB karyawan secara signifikan.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Mataram</publisher><date>2020-06-17</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/1837</identifier><identifier>10.20414/jed.v2i01.1837</identifier><source lang="en-US">Journal of Enterprise and Development; Vol 2 No 01 (2020): Juni; 13-21</source><source>2685-8258</source><source>2715-3118</source><language>eng</language><relation>https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/1837/1102</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Journal of Enterprise and Development</rights><recordID>article-1837</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Aisyah, Hesty
title Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB): Studi Kasus pada Karyawan STMIK Indonesia Padang
publisher Universitas Islam Negeri Mataram
publishDate 2020
url https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/1837
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/1837/1102
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behaviour (OCB). Penelitian ini merupakan studi kasus pada karyawan di STMIK Indonesia Padang yang berlokasi di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, kualitas layanan akan selalu menjadi faktor penting bagi organisasi yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Kualitas sumber daya manusia di perusahaan akan mempengaruhi kualitas layanan yang diberikan kepadan konsumen atau klien, karena itu perusahaan harus mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan berkinerja baik. Sumber daya manusia &nbsp;yang menunjukkan perilaku OCB diyakini mampu berkinerja lebih baik. Itu sebabnya organisasi perlu membuat karyawan untuk bisa memiliki perilaku OCB yang optimal. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 26 responden, dan pemilihan responden yang dipilih menggunakan simple random sampling. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap variabel OCB. Kepuasan kerja secara parsial mempengaruhi variabel OCB. Sementara itu, komitmen organisasi sebagian memengaruhi OCB karyawan secara signifikan.
id IOS12848.article-1837
institution Universitas Islam Negeri Mataram
institution_id 957
institution_type library:university
library
library Journal of Enterprise and Development
library_id 3088
collection JED | Journal of Enterprise and Development
repository_id 12848
subject_area Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS12848
first_indexed 2020-06-19T08:47:49Z
last_indexed 2020-08-13T11:26:38Z
recordtype dc
_version_ 1686636115130318848
score 17.538404