Penerapan Inovasi Pelayanan Penyediaan Air Bersih dalam Perspektif Good Corporate Governance (Studi pada Kantor PDAM Kota Batu)
Main Author: | Nur Rohman, Rizky; Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2013
|
Online Access: |
http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/241 |
Daftar Isi:
- Abstract: The Application of Innovation on Service of Sanitized Water Supply in the Perspective of Good Corporate Governance (Study on the Municipal Waterworks Office of Batu). In order to answer the desire of public and to solve recent problems, the Municipal Waterworks of Batu should make innovation of product and service. The purposes of this research are to find out the innovations along with the benefit that been through and also to know the principals of GCG being applied. The method of this research is qualitative and focuses on the innovation on service of sanitized water supply that have been applied, the benefit of innovations and the principals of GCG that been applied. The result of this research shows that the innovations been applied by the Municipal Waterworks of Batu are ZAMP, Billing Management System, Payment Point Online Banking, System Online Payment and Measurement on Satisfaction of Customer upon the Service. The application on principals of GCG has been applied according to the General Guidance of Indonesia’s GCG, year of 2006. Keywords: innovation, service, good corporate governance Abstrak: Penerapan Inovasi Pelayanan Penyediaan Air Bersih dalam Perspektif Good Corporate Governance (Studi Pada Kantor PDAM Kota Batu). Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengatasi masalah yang ada, maka PDAM Kota Batu harus senantiasa berinovasi baik dalam hal produk maupun pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi yang diterapkan oleh PDAM Kota Batu beserta manfaatnya dan penerapan prinsip-prinsip GCG di PDAM Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus inovasi pelayanan penyediaan air bersih yang diterapkan PDAM Kota Batu, manfaat inovasi, dan penerapan prinsip-prinsip GCG. Hasil penelitian diperoleh bahwa inovasi yang diterapkan oleh PDAM Kota Batu adalah ZAMP, Billing Management System, Payment Point Online Banking, System Online Payment Point dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PDAM. Manfaat dari inovasi yang dihasilkan secara garis besar adalah perbaikan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Penerapan prinsip-prinsip GCG dilaksanakan sesuai dengan pedoman umum GCG Indonesia Tahun 2006. Kata kunci: inovasi, pelayanan, good corporate governance