Reformasi Birokrasi Kantor Bea Dan Cukai (Studi Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kediri)

Main Author: Setiawan, Arif; Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2013
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/185
Daftar Isi:
  • Abstract: Bureaucratic reform in Customs Office. Key issues are the subject of this thesis is to investigate and analyze the performance of bureaucratic reform in the Office of Surveillance and Customs Kediri (KPPBC Madya Excise Kediri) since 2008 stems from the commitment in the fight against corruption as well as to improve customs services, KPPBC Associate Customs office Kediri defined as modern as the embodiment of bureaucratic reform in the Directorate General of Customs and Excise (DJBC) in which there are three pillars of the reform of the bureaucracy, namely: the arrangement of organizational structure, business processes and operational standards of performance and human resources. Keywords: bureaucratic reform, employee performance Abstrak: Reformasi Birokrasi Pada Kantor Bea dan Cukai. Masalah utama yang menjadi pokok bahasan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kinerja reformasi birokrasi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kediri (KPPBC Madya Cukai Kediri) Sejak tahun 2008 bermula dari komitmen dalam pemberantasan korupsi serta untuk meningkatkan pelayanan kepabeanan dan cukai, KPPBC Madya Cukai Kediri ditetapkan sebagai kantor modern sebagai perwujudan reformasi birokrasi di lingkup Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) yang didalamnya terdapat tiga pilar reformasi birokrasi, yaitu: penataan struktur organisasi, proses bisnis dan standar operasional kinerja dan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa reformasi birokrasi pada kantor bea dan cukai mengalami beberapa kendala. Hal ini disebabkan karena beberapa permasalahan dan kendala sehingga pada proses reformasi birokrasi belum berjalan secara konsisten khususnya pada pola mutasi pegawai dan belum adanya sanksi serta hadiah/insentif bagi pegawai untuk optimalisasi kinerja. Kata Kunci: reformasi birokrasi, kinerja pegawai