PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PATAS

Main Authors: ., SUGENG WAHYUDI, ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd., ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1954
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Bahasa Inggris ditinjau dari gaya belajar siswa siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X Madrasah Aliyah Negeri Patas yang berjumlah 209 siswa. Sebanyak 92 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data gaya belajar siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A- B berbantuan SPSS 17.00 for windows.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan ANAVA dua jalur diperoleh Fhitung sebesar 10,476, sedangkan harga Ftabel (p