EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) DAN ROLE PLAYING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Penelitian Dilakukan di Kelas VIII Semester II SMP Negeri

Main Authors: Meiliana, Cahyo Henny; Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret, Soeyono, Soeyono; Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret, Setiawan, Rubono; Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: F.KIP Universitas Sebelas Maret , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11610
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11610/8307
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah diantara metode pembelajaran SQ3R, Role Playing dan konvensional, yang dapat menghasilkan prestasi lebih baik pada materi bangun ruang sisi datar, (2) manakah diantara siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, dan rendah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik, (3) manakah diantara penggunaan metode pembelajaran (SQ3R, Role Playing, dan konvensional) yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada kategori aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah, (4) manakah diantara kategori aktivitas belajar (tinggi, sedang, dan rendah) yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada penggunaan metode pembelajaran SQ3R, Role Playing, atau konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Mojolaban tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas. Sampelnya adalah 109 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMPN 14 Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Untuk menguji konsistensi internal angket digunakan rumus Karl Pearson, untuk menguji reliabilitas angket digunakan rumus Alpha, dan untuk menguji reliabilitas tes digunakan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis variansi digunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji Bartlett untuk uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan ukuran sel tak sama dengan faktor (3x3) pada taraf signifikansi 5%