Guru & dosen mengasah jiwa mendidik, meneliti dan menulis

Bagi seorang pendidik, seperti guru dan dosen, diamanahkan 3 kegiatan pengabdian, yang lazim dikenal dengan ?Tri Dharma? perguruan tinggi. Pada dharma pendidikan maka guru dan dosen perperan sebagai pendidik, dengan segala ranah yang mesti dikuasai dan diaplikasikan dalam proses belajar mengajar. Ke...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Al-Mawardi prima , 2019
Edition: Cetakan April 2019
Subjects:
LEADER 02907cam a2200409 a 4500
001 INLIS000000000970985
005 20201203100954.0
006 aa###grb####000#0#
007 ta
008 200630t2019####jkia###grb####000#0#ind##
020 # # |a 978-602-5858-03-8 
035 # # |a 0010-1219010920 
040 # # |a JKPNPNA  |b ind  |e rda 
082 0 4 |a 371.1  |2 [23] 
084 # # |a 371.1 ELF g 
100 0 # |a Elfrindi,  |d 1962-  |e penulis 
245 1 0 |a Guru & dosen :  |b mengasah jiwa mendidik, meneliti dan menulis /  |c penulis, Elfrindi dan Fasli Jalal ; editor, Tim Al-Mawardi Prima 
250 # # |a Cetakan April 2019 
264 # 1 |a Jakarta :  |b Al-Mawardi prima,  |c 2019 
300 # # |a viii, 230 halaman :  |b ilustrasi ;  |c 21 cm 
336 # # |a teks  |2 rdacontent 
337 # # |a tanpa perantara  |2 rdamedia 
338 # # |a volume  |2 rdacarrier 
504 # # |a Bibliografi : halaman 225-228 
520 # # |a Bagi seorang pendidik, seperti guru dan dosen, diamanahkan 3 kegiatan pengabdian, yang lazim dikenal dengan ?Tri Dharma? perguruan tinggi. Pada dharma pendidikan maka guru dan dosen perperan sebagai pendidik, dengan segala ranah yang mesti dikuasai dan diaplikasikan dalam proses belajar mengajar. Kesemuanya untuk memenuhi ranah kognitif anak didik, ranah psikomotorik, maupun ranah sikap (afektif). Ranah kognitif ini dianggap sebagain besar guru, bahkan dosen sebagai ranah utama ketika mereka menjadi seorang pendidik. Ranah penelitian melekat ke dalam diri pendidik, baik yang dilakukan oleh guru maupun dosen. Proses penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan keterpakaian dari ranah ilmu, psikomotorik, dan afektif, untuk anak didik. Kompetensi guru/dosen setidaknya ada pada dua hal utama yaitu : kompetensi pedagogi dan kompetensi meneliti yang benar. Kompetensi pedagogi berhubungan dengan pemenuhan kualifikasi dan bakat. Dalam kaitan ini guru/dosen dituntut untuk mempersiapkan segala sesuatunya samapi meberikan pelayanan kepada anak didik secara sempurna. Berkaitan dengan kompetensi meneliti yang benar, seorang pendidik yang menyuakai meneliti, melalui proses membaca, mendalami, merenung dan menulis adalah dengan sendirinya akan berkembang kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektifnya. Dengan penelitian akan memudahkan para guru untuk mengembangkan bahan dan memperdalam bahan ajar. Semakin sering dikembangkan bahan ajar, maka akan semakin luas wawasan anak didik. Dalam buku ini mengupas bagaimana mengasah ketrampilan mengajar, meneliti dan menulis, sesuai dengan target-target pembelajaran, dan keperluan akan skill generasi yang akan datang. 
650 # 4 |a Guru 
650 # 4 |a Mengajar 
700 0 # |a Fasli Jalal,  |d 1953-  |e penulis 
710 2 # |a Tim Al-Mawardi Prima  |e editor 
850 # # |a JKPNPNA 
990 # # |a 201900103128448 
990 # # |a 201900103128446 
990 # # |a 201900103128449 
990 # # |a 202000103011886 
990 # # |a 202000103011887 
990 # # |a 202000103011888 
990 # # |a 202000103011889