Diplomasi Indonesia dan pembangunan konektivitas maritim

Visi Presiden Joko Widodo tentang poros maritim dunia pada dasarnya melihat Indonesia secara geografis berlokasi di pusat Asia-Pasifik, sebagai pusat komersial maritim Indo-Pasifik. Dengan perspektif seperti itu, Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan program lima tahun yang ambisius, yaitu m...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia , 2019
Edition: Cetakan pertama, Mei 2019
Subjects:
LEADER 03335cam a2200433 a 4500
001 INLIS000000000931330
005 20200317105145.0
006 a####g######001#0#
007 ta
008 200207t2019####jki####g######001#0#ind##
020 # # |a 978-602-433-699-8 
035 # # |a 0010-0719005814 
040 # # |a JKPNPNA  |b ind  |e rda 
082 0 4 |a 341.448  |2 [23] 
084 # # |a 341.448 WAN d 
100 3 # |a Wangke, Humphrey  |e penulis  |e editor  |t Pengembangan Poros Maritim Dalam Persaingan Kepentingan Negara-Negara di Kawasan Indo-Pasifik 
245 1 0 |a Diplomasi Indonesia dan pembangunan konektivitas maritim /  |c Humphrey Wangke, Lisbet Sihombing, Adirini Pujayanti, Rizki Roza, ; editor, Humphrey Wangke 
250 # # |a Cetakan pertama, Mei 2019 
264 # 1 |a Jakarta :  |b Yayasan Pustaka Obor Indonesia,  |c 2019 
264 # 4 |c © 2018 
300 # # |a xi, 204 halaman ;  |c 23 cm 
336 # # |a teks  |2 rdacontent 
337 # # |a tanpa perantara  |2 rdamedia 
338 # # |a volume  |2 rdacarrier 
500 # # |a Indeks 
504 # # |a Termasuk bibliografi 
520 # # |a Visi Presiden Joko Widodo tentang poros maritim dunia pada dasarnya melihat Indonesia secara geografis berlokasi di pusat Asia-Pasifik, sebagai pusat komersial maritim Indo-Pasifik. Dengan perspektif seperti itu, Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan program lima tahun yang ambisius, yaitu meningkatkan 6 pelabuhan internasional, membangun 24 pelabuhan komersial baru, dan meningkatkan lebih dari 1.000 pelabuhan komersial. Mega proyek ini membuka akses baru ke sumber daya ekonomi melalui penciptaan tol laut karena menghubungkan bagian terpencil nusantara ke perdagangan dunia. Biaya mega proyek ini diperkirakan mencapai US  |  6-7 miliar. Biaya ini hanya salah satu bagian dari visi tol laut yang mencakup ratusan kapal baru, pembangunan kapal baru dan fasilitas perbaikan, jalan akses baru, pengembangan perikanan, dan pendidikan kelautan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan bahwa sampai tahun 2019 biaya yang dibutuhkan akan mencapai US  |  55 miliar. Sebagian dari biaya itu akan ditutup oleh pengurangan biaya logistik nasional yang diproyeksikan dari 23,5 persen PDB menjadi 19,2 persen. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antarpulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut 2 serta fokus pada keamanan maritim. Untuk menjadi sebuah negara maritim, maka infrastrukur antarpulau dan sepanjang pantai di setiap pulau merupakan hal yang harus dibangun dan dikembangkan. Infrastruktur antarpulau ini harus benar-benar dapat direalisasikan untuk mempercepat transportasi antarpulau di Indonesia. 
650 # 4 |a Perairan teritorial Indonesia 
651 # 4 |a Indonesia  |x Hubungan luar negeri 
651 # 4 |a Indonesia  |x Tapal batas 
651 # 4 |a Indonesia  |x Politik luar negeri 
700 0 # |a Adirini Pujayanti  |e penulis  |t Poros Maritim Dunia dan Tantangan Diplomasi Indonesia 
700 0 # |a Rizki Roza  |e penulis  |t Konetivitas Kawasan Timur Indonesia : Upaya Pemerintah Menghadapi Ancaman Pembajakan dan Perampokan Bersenjata 
700 0 # |a Lisbet  |e penulis  |t Pembangunan poros maritim Indonesia dan pemngembangan konektivitas dengan Asean 
850 # # |a JKPNPNA 
990 # # |a 201900103084101 
990 # # |a 201900103084103 
990 # # |a 201900103084104 
990 # # |a 201900103084102