Summary: |
Revolusi mental dalam pendidikan menjadi alternatif solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan pendidikan maupun untuk membangun mental bangsa agar menjadi bangsa yang produktif, kreatif, berdaya saing dan berkarakter. Upaya mengubah mentalitas atau karakter akan bergulat dengan kebiasaan berpikir dan berperilaku yang sudah mendarah daging, kenyamanan status quo, kecenderungan manusia yang tidak mau bersusah payah, dan lain-lain. Namun demikian, upaya tersebut tetap penting, perlu, serta fundamental untuk segera dilakukan bagi penyelesaian masalah bangsa dari akarnya. Revolusi mental dalam pendidikan fokus pada komponen- komponen utama manusianya, yaitu pendidik, peserta didik, kepala sekolah, pengawas sekolah, komite sekolah, dan orang tua peserta didik. Komponen-komponen inilah utamanya yang diharapkan mau dan mampu melakukan perubahan dengan berangkat dari kesadaran tanggung jawab pribadi, sosial, profesional, dan kebangsaan terhadap keadaan pendidikan bangsa saat ini dan keadaan pendidikan bangsa yang seharusnya untuk mewujudkan harapan masa depan.
|