Revitalisasi budaya strategi identitas etnik Lampung
Menurut Castells (2010), identitas adalah bagian dari pemaknaan dan pengalaman masyarakat. Strategi etnik Lampung membangkitkan kembali nilai-nilai budaya dengan makna baru sebagai modal di ranah sosial, menandakan telah terjadi proses re-identifikasi. Kekuatan dan kemampuan adaptasi dari nilai-nila...
Format: | Book |
---|---|
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Yogyakarta :
Suluh Media
, 2017
|
Edition: | Edisi Pertama, cetakan ke-1 |
Subjects: |
Summary: |
Menurut Castells (2010), identitas adalah bagian dari pemaknaan dan pengalaman masyarakat. Strategi etnik Lampung membangkitkan kembali nilai-nilai budaya dengan makna baru sebagai modal di ranah sosial, menandakan telah terjadi proses re-identifikasi. Kekuatan dan kemampuan adaptasi dari nilai-nilaia budaya dan tradisi akan selalu diperbaiki sehingga tetap seimbang. Etnik Lampung merupakan sumber pengetahuan yang dimiliki masyarakat dalam kehidupan dunia sosialnya. Memperbaiki struktur juga merupakan bagian dari resistensi agar sejajar dengan yang lain di ranah sosial. Membangkitkan kembali nilai-nilai budaya (revitalisasi) merupakan respon akan dinamika yang berkembang. Memanfaatkan berbagai momen politik, agama, dan budaya dilakukan sebagai upaya pengukuhan kembali identitas sebagai etnik Lampung. Nilai-nilai budaya yang terwujud dalam Piil Pesenggiri diredefenisi ketika terbangun pola relasi baru; redefinisi ini pada satu sisi mencerminkan proses reformulasi identitas diri dan di sisi lain menjadi strategi menghadapi perubahan. |
---|---|
Physical Description: |
viii, 117 halaman : ilustrasi ; 24 cm |
Bibliography: |
Bibliografi : halaman 111-117 |
ISBN: |
9786028610360 |