PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITISSISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD

Main Author: Permana, Erwin Putera
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN) diterbitkan oleh LPPM - Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2016
Online Access: http://efektor.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/210
http://efektor.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/210/140
Daftar Isi:
  • Abstract: application of Cooperative Learning Methods Numbered Heads Together (NHT) to review the findings improve learning and Critical Thinking Students in socialstudies in elementary school. This study is a class action label study. The collected datais the data Students learn critical thinking commercial article. Data collection is done byobservation, testing, documentation and questionnaires. Husband research consistsFrom prayer cycle. Cooperative Learning Research Results Numbered Heads Together(NHT) showed an increase in critical thinking skills students learn the commercialarticle. Process improvement study findings known that i cycle on pre-test activitiesamounted to 6.25% 65.63% on increased Being a post test activities but still meetrequirements yet classical completeness The school set. Taxable income ResearchersRepair on the cycle II pre-test activities known that classical learning completenessamounted 15.63% 93.75% on increased Being Postal test activities and has beenfulfilling requirements set classical completeness The school that is ≥ 75% by begituHas Occurred increase mastery learning Grade V amounted to 28.12% Based on thesefindings can Execution Model that concluded the implementation of CooperativeLearning Methods Numbered Heads Together (NHT) can Critical Thinking skillsimprove student learning commercial article.. Abstrak: penerapan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS SD.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan adalah datasiswa berpikir kritis dan hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan caraobservasi, tes, dokumentasi dan kuesioner. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasilpenelitian pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) menunjukkanpeningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Proses peningkatanhasil belajar diketahui bahwa siklus I pada kegiatan pre tes sebesar 6,25% meningkatmenjadi 65,63% pada kegiatan pos tes namun masih belum memenuhi syarat ketuntasanklasikal yang ditetapkan sekolah. Setelah peneliti melakukan perbaikan pada siklus IIpada kegiatan pre tes diketahui bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 15,63%meningkat menjadi 93,75% pada kegiatan pos tes dan telah memenuhi syaratketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah yakni ≥ 75% dengan begitu telah terjadipeningkatan ketuntasan belajar siswa kelas V sebesar 28,12% Berdasarkan hasiltersebut dapat disimpulkan bahwa model pelaksanaan penerapan metode pembelajaran