Pengaruh model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis

Main Authors: Jaya, Ahmad Kausar, Putra, Fredi Ganda , Mujib, Mujib
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2020
Subjects:
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/12518
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/12518/1576
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model superitem berbantuan scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah cluster random sampling dengan 3 kelas yaitu kelas eksperimen 1 (kelas mendapat perlakuan model pembelajaran superitem berbantuan scaffolding), kelas eksperimen 2 (pembelajaran superitem saja) serta kelas kontrol (kelas mendapat perlakuan model konvensional). Uji hipotesis yang digunakan adalah anava 1 jalan sel tak sama. Hasil penelitian memperoleh bahwa ada perbedaan  kemampuan pemecahan maslah matematis pesertaa didik dengan menggunakan model pemebelajaran superiten berbantuan scaffolding. Selanjutnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran superitem. Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran superitem sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional