UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DENGAN ADANYA MOBIL KELILING (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu)

Main Authors: Eva, Veronika, Fithriana, Noora
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , 2019
Subjects:
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1789
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1789/1309
Daftar Isi:
  • Abstract: Population administration service is the main function of the government as an effort to fulfillthe community needs. With the innovation of mobile car services, it makes easier for public to handleadministrative services related to all population documents. The research objective was to determine theefforts to improve administration services with the presence of mobile car service in Population and CivilRegistration Agency of Batu in terms of service standards, such as service procedures, time ofcompletion, service costs, service products, facilities and infrastructure, competency of service providers.The method used in this study was a qualitative method with main data sources were primary andsecondary data. The data collection was done by observation, interviews and documentation with apurposive sampling technique. The validity of the data was tested using a process of triangulation. Theresults showed that the Batu Population and Civil Registration Service improved its service quality byusing a "mobile car" with a "pick up the ball" system or direct system which allowed people directly gotthe service without going to the office. They also went around the villages and high schools with aspecific schedule, free of charge, and easy service. The Mobile car service really help to facilitateservices both from the agency and the community. However, the obstacles occurred were the lack ofprovider network and public awareness about the importance of population documents.Keywords: Administrative Services, Population Administration, Mobile serviceAbstrak: Pelayanan administrasi kependudukan merupakan fungsi utama pemerintah sebagai upayapemenuhan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya inovasi pelayanan mobil keliling memudahkanmasyarakat dalam mengurus pelayanan administrasi, dan terkait segala dokumen-dokumenkependudukan. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya peningkatan pelayanan administrasikependudukan dengan adanya mobil keliling di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batuditinjau dari standar pelayanan yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produklayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi layanan. Metode yang digunakan dalampenelitian ini metode kualitatif dengan sumber data utama, data primer dan data sekunder. Pengumpulandata dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik penentuan sampelpurposive sampling. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi proses. Hasil penelitianmenunjukkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu berupaya meningkatkan pelayananadministrasi kependudukan dengan menggunakan “mobil keliling” dengan sistem “jemput bola”, dimanamasyarakat tidak lagi datang ke instansi, melalui mobil keliling masyarakat cukup datang keDesa/kelurahan dan sekolah-sekolah menengah atas Se-Kota Batu dengan jadwal yang pasti, tanpa biaya,dan pelayanannya yang mudah. Mobil keliling sangat membantu memudahkan pelayanan baik dari pihakinstansi maupun masyarakat. Akan tetapi kendala sering terjadi pada jaringan dan kurangnya kesadaranmasyarakat akan pentingnya dokumen-dokumen kependudukan.Kata Kunci: Pelayanan Administrasi, Administrasi Kependudukan, Mobil Keliling