INOVASI ANJUNGAN LAYANAN MANDIRI (ALM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Main Authors: Puspasari, Bella, Sasmito, Cahyo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , 2019
Subjects:
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1778
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1778/1306
Daftar Isi:
  • Abstract: Service is one form of improving welfare towards society by the government. The government is trying to minimize the existing problems with make innovation in service. One of the innovations developed in the Blimbing Village is Website-based technological innovation namely http://registra.malangkota.go.id called ALM (Self Service Platform). This study uses a qualitative method. Data collection technique use interviews, observation, and documentation. The data obtained in the form of primary data and data secondary. The technique of determining sampling uses purposive sampling. After the data is obtained, data analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data researchers used a technique triangulation method. The results of the Independent Service Platform Innovation research in improving public services in the Blimbing Kelurahan will be held from the end of December 2017 and can be said to be successful because there are already 4 factors that influence success implementation of innovation. Supporting factors are the advantages of the Independent Service Platform, quality of human resources, time efficient and infrastructure. While the inhibiting factor is an unstable internet network and there are no special employees as ALM guides. Keywords: Innovation; Self Service Platform; ServiceAbstrak: Pelayanan merupakan salah satu bentuk dalam meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat oleh pemerintah. Pemerintah berupaya untuk meminimalisir permasalahan yang ada dengan membuat inovasi dalam pelayanan. Salah satu inovasi yang dikembangkan di Kelurahan Blimbing adalah inovasi teknologi berbasis website yaitu http://registra.malangkota.go.id yang dinamakan dengan ALM (Anjungan Layanan Mandiri). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Teknik penentuan sampling menggunakan purposive sampling. Setelah data diperoleh, data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menguji keabsahan data peneliti menggunakan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian Inovasi Anjungan Layanan Mandiri dalam meningkatkan pelayanan publik di Kelurahan Blimbing diselenggarakan mulai akhir bulan Desember 2017 dan sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah terdapat 4 faktor yang mempengaruhi keberhasilan penyelenggaraan inovasi. Faktor pendukungnya adalah keunggulan dari Anjungan Layanan Mandiri, kualitas sumber daya manusia, efisien waktu dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang tidak stabil dan tidak terdapat pegawai khusus sebagai pemandu ALM.Kata Kunci : innovation; Self-service Platform; services