Perencanaan Model Bisnis Untuk Merdeka Ritel Dengan Pendekatan Business Model Canvas

Main Authors: Pratini, Hani Bela; Universitas Amikom Purwokerto, Setiawan, Ito; Universitas Amikom Purwokerto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Bandar Lampung (UBL) , 2022
Subjects:
Online Access: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/2770
http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/2770/2394
Daftar Isi:
  • Merdeka Ritel adalah sebuah perusahaan bergerak di bidang ritel yaitu toko swalayan yang memasarkan beragam produk kebutuhan pokok, seperti sembako, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan sekolah, alat listrik, kosmetik, baju bayi, baju dewasa, sepatu, sandal, dan lainnya. Dalam proses bisnisnya toko Merdeka ritel memiliki masalah, diantaranya Merdeka Ritel mengalami penuruanan pendapatan karena banyak pelanggannya yang beralih berbelanja online karena lebih praktis. Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis Merdeka Ritel dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. Analisis SWOT diterapkan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada Merdeka Ritel. Dengan menggunakan Business Model Canvas dan Analisis SWOT akan membantu dalam melakukan strategi pengembangan bisnis Merdeka Ritel agar bisa bersaing dengan toko yang lebih modern yang sudah memanfaatkan teknologi. Data yang diperoleh melalui wawanacara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan strategi yaitu Merdeka Ritel dapat melakukan digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi untuk mengembangkan bisnisnya. Hasil strategi tersebut menjadi tujuan pada Business Model Canvas baru yang dilakukan pada semua elemen dengan menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar untuk menjangkau segmentasi pelanggan yang lebih luas.