PENINGKKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DI SMK TUNAS NUSANTARA PURWOREJO
Main Authors: | Salafudin, Faisal, Sudarsono, Bambang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Teknik Otomotif
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5382 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5382/4920 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) peningkatan aktivitas belajar otomotif SMK Tunas Nusantara Purworejo dengan menerapkan metode kooperatif tipe rotating trio exchange, 2) Peningkatan hasil belajar otomotif SMK Tunas Nusantara Purworejo dengan menerapkan metode kooperatif tipe rotating trio exchange.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII SMK Tunas Nusantara Purworejo, yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I dengan persentase 78,87% berkategori baik, naik menjadi 97,62% berkategori sangat baik. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe rotating trio exchange berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 28,57%, pada siklus I meningkat sebesar 42,86% naik menjadi 92,86% pada siklus II.Kata kunci : Rotating Trio Exchange, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar