EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA LINGKUNGAN HIDUP (MK3LH) SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BINANGUN

Main Author: Cahyadi, Johan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Teknik Otomotif , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4872
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4872/4476
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai untuk mengetahui EfektivitasPenerapan Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan metode ceramah pada MataPelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (MK3LH) SiswaKelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangun.Metode yang digunakan adalah metode tes awal dan tes akhir dengan kelompokkontrol (The Randomized Pretest-Posttest Group Design). Metode tes ini diberikan setelahpeneliti melakukan pembelajaran pada dua kelas dengan soal yang sama. Tes ini dilakukansiswa dengan mengerjakan lembar evaluasi pada mata pelajaran Menerapkan Keselamatandan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja (MK3LH). Bentuk tes pilihan ganda berjumlah 25 soaldengan pilihan A, B, C, D, dan E. Kemudian hasil tes tersebut digunakan untuk mengujikebenaran hipotesis.Hasil belajar pada Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan KerjaLingkungan Hidup (MK3LH) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangunyang menggunakan model pembelajaran joyfull learning dengan rata-rata nilai pretest67,33, rata-rata postest 79,17 dan indeks gain 0,370. Pada kelas kontrol yangmenggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai pretest 67,73, rataratapostest 74,93 dan indeks gain 0,229. Pengujian hipotesis menunjukkan efektivitaspembelajaran joyfull learning lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional padaKompetensi Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja LingkunganHidup (MK3LH) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangun.Kata-kata kunci : Metode Joyfull Learning, Kesehatan dan Keselamatan Kerja