PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN CHASIS KELAS XI SMK PATRIOT PITURUH
Main Authors: | Rubiyanto, Eri, Susanto, Arif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Teknik Otomotif
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4871 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4871/4475 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan mediapembelajaran,mengetahui kelayakan media pembelajaran, 2) efektivitas mediapembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion yang diaplikasikan padakompetensi mata pelajaran chassis serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XISMK Patriot Pituruh.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development R & D. Subjekpenelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR A dan kelas XI TKR B SMK Patriot Pituruhsebanyak 60 siswa yaitu kelas XI TKR A sebagai kelas ekperimen dengan jumlah 30 siswa dankelas XI TKR B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan datamenggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yangdigunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, danuji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem kemudi tiperack and pinion yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran padakopetensi mata pelajaran chassis, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahlimedia dengan persentase 76.66%, dan validasi oleh dosen ahli materi dengan persentase83,33% dari. Media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion juga telah memenuhikriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji cobakelompok kecil memperoleh 97% yang meliputi 5 siswa , dan uji coba kelompok besarmemperoleh 83% dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 79,50%sedangkan pada kelas kontrol hanya 72,00%. Prestasi belajar siswa kelas ekperimen lebihbesar dibandingkan kelas kontrol berdasarkan hasil persentase skor tersebut. Melalui ujinormalitas diperoleh p=0.172, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal,melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =6,312 dengan p=0.680, karena p>0,05 makakedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%,hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 3,663 dengan p = 0,000 < 0,05. Dengandemikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Patriot Pituruh.Kata kunci : Media Pembelajaran, Cutting Sistem Kemudi, Hasil Belajar