PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

Main Authors: Pribadi, Wahyu Dewanto, Susanto, Arif
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Teknik Otomotif , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4298
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4298/4000
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.2. Untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,644 dan thitunglebih besar dari ttabel sebesar 6,402>1,989. 2) Adanya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rx2y sebesar 0,630 dan thitunglebih besar dari ttabel sebesar 6,274>1,989. 3)Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar secara bersam-sama dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ry(1,2) sebesar 0,645 dan fhitunglebih besar dari ftabel sebesar 25,561>3,11.Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.