PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERAWATAN BATERAI SISWA KELAS X TKR SMK TARUNA NEGARA WONOSOBO

Main Author: Suyitno, Hartono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Teknik Otomotif , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/3913
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/3913/3673
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran perawatan baterai melalui pembelajaran Explicit Instruction (EI) siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Taruna Negara Wonosobo.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas X TKR 2 siswa SMK Taruna Negara Wonosobo yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.Hasil penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa tuntas pada observasi awal yaitu 41%, nilai pada siklus I menjadi 65%, dan pada siklus II menjadi 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR 2 SMK Taruna Negara Wonosobo dengan ditandai meningkatnya hasil pembelajaran.Kata Kunci : Prestasi belajar, Perawatan baterai, Model PembelajaranExplicit Instruction