KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS X TKR SMK YPT PURWOREJO
Main Author: | Hasyim, Wachid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Teknik Otomotif
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2322 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2322/2184 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari metode pembelajaran TGT dan Jigsawdi tinjau dari kecerdasan interpersonal tingkat rendah dan kecerdasan interpersonal tingkat tinggiyang diketahui berdasarkan hail belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XTKR SMK YPT Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah siswa. Penelitian inimenggunakan metode quasi eksperimen menggunakan desain factorial 2x2, data dikumpulkandengan menggunakan cara dokumentasi, angket kecerdasan interpersonal dan tes hasil belajar.Data dari hasil belajar siwa dianalisis secara deskriptif statistik menggunakan program SPSSANAVA dua jalan. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui keefektifan metodepembelajaran TGT dan Jigsaw ditinjau dari kecerdasan interpersonal yang diketahui dari hasilbelajar siswa terhadap pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin (PPM) 1 pada fokus materisistem pendinginan mesin.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasilbelajar siswa materi sisitem pendinginan mesin, siswa yang diajar dengan model kooperatif tipeTGT lebih tinggi di bandingkan dengan siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Jigsaw. (2)siswa yang diajar menggunakan metode TGT dengan tingkat kecerdasan interpersonal tinggimemperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mempunyai tingkatkecerdasan interpersonal rendah. (3) siswa yang diajar menggunakan metode Jigsaw dengantingkat kecerdasan interpersonal tinggi mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi di bandingkansiswa yang mempunyai tingkat kecerdasan interpersonal rendah. (4) tidak terdapat pengaruhinteraksi antara metode pembelajaran dan tingkat kecerdasan iterpersonal terhadap pencapaianhasil belajar sistem pendinginan mesin.Kata kunci : Keefektifan, Metode TGT dan jigsaw, Kecerdasan Interpersonal