PEMANFAATAN TERPENTIN UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR

Main Author: Sulistyo, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Teknik Otomotif , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2321
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2321/2183
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan motor 4 langkah dengan mengaplikasikan sisteminjeksi bahan bakar Programmed Fuel injection (PGMFI) dengan bahan bakar terpentin.Eksperimen dilakukan untuk mengetahui pengaruh perubahan sistem bahan bakar pada unjukkerja motor dan emisi gas buang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi industriotomotif terutama untuk mengembangkan motor 4 langkah dan mengurangi emisi gas buang.Penelitian ini menggunakan motor Honda PGM-FI (125 cc) dan mengaplikasikan sistem injeksibahan bakar Programmed Fuel Injection (PGMFI) milik Honda Supra-X. Injektor substitusi sistembahan bakar terpentin injeksi dipasang pada saluran masuk (intake manifold). Tekanan injeksipada terpentin injeksi berada pada 3.0 bar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi sistembahan bakar premium (bensin) dengan terpentin injeksi dapat menurunkan emisi gas buangmotor. Hasil pencampuran 80 % premium dan 20 % terpentin memberikan hasil paling baik. EmisiCO, HC, CO2, paling sedikit ditemukan pada variasi pencampuran ini. Data juga menunjukkanbahwa pada variasi ini emisi O2 paling sedikit. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi pembakaransempurna dalam ruang bakar kendaraan sehingga oksigen yang tersisa sedikit.Kata kunci: bensin, gas buang, motor, terpentinPENDAHULUANKehidupan