PENERAPAN METODE ALAT PERAGA ENGINES CUTTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN KELAS X DI SMK YPT PURWOREJO

Main Author: Abu Jamroh, Muhamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Teknik Otomotif , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2306
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2306/2168
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Alat Peraga EnginesCutting dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami sistem perawatan danperbaikan mesin kelas X di SMK YPT Purworejo. Desain penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakanpada siswa kelas X di SMK YPT Purworejo tahun pembelajaran 2014/ 2015, yang berjumlah 38siswa. Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian: (1)berdasarkan hasil perhitungan analisis data dan sesuai rumusan pada hipotesis, dapat diketahuihasil belajar siswa lebih baik menggunakan metode alat peraga engines cutting; (2) hasil prestasisiswa dari prasiklus sampai siklus II banyak mengalami kenaikan hasil prestasi belajar siswa padaperawatan dan perbaikan mesin kelas X di SMK YPT Purworejo. Kemampuan siswa dalampembelajaran perawatan dan perbaikan mesin sebesar 68,03 dengan ketuntasan 36% kategorisangat kurang. Setelah penelitian dilakukan menggunakan metode alat peraga, kemampuan hasilbelajar perawatan dan perbaikan mesin menjadi 76,32 atau 68,03% termasuk masih kategoricukup. Selanjutnya pada siklus II, kemampuan siswa dalam pembelajaran perawatan danperbaikan mesin meningkat lagi menjadi 84,34 atau 92,11% merupakan kategori sudah baik dansudah mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan 75,00.Kata Kunci: Alat Peraga engines cutting, Perawatan dan Perbaikan Mesin.