PENGARUH KOPETENSI GURU OTOMOTIF DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM STATER KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO
Main Author: | Johani, Johani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Teknik Otomotif
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2301 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2301/2163 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengetahui pengaruh kompetensi guru otomotif dan minat belajar siswa terhadapprestasi belajar siswa mata pelajaran System Starter Kelas XI Bidang Keahlian Teknik MekanikOtomotif di SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo.Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eks post facto. Populasi penelitian ini adalahkeseluruhan siswa kelas XI Bidang Keahlian teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 2 Wonosobotahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 25 siswa dengan jumlah sampel 18 orang. Datakompetensi guru dan minat belajar diperoleh menggunakan angket. Da prestasi belajar berasaldari dokumentasi data nilai mata pelajaran sistem stater kelas XI Bidang keahlian Teknik OtomotifSMK Muhammadiyah 2 Wonosobo.Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru otomotif termasuk kategori sedang yaitu61,11%,minat belajar siswa termasuk kategori tinggi 72,11%, dan prestasi belajar termasukkategori sedang 77,78%. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikankompetensi guru otomotif terhadap prestasi belajar (p=0,003) dan ada pengaruh positif dansignifikan minat belajar terhadap prestasi belajar (p=0,022). Uji hipotesis ketiga membuktikan adahipotesis ketiga ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru otomotif dan minat belajarsecara bersama-sama terhadap prestasi belajar (p=0,000) dengan sumbangan sebesar 47%.Kata kunci : Kompetensi Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar.