PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERAWATAN BATERAI SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 PURING TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Sulistiani, Cici |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Teknik Otomotif
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2291 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2291/2153 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PerawatanBaterai melalui pembelajaran Explicit Instruction (EI) siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKNegeri 1 Puring Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakankelas X TKR 2 siswa SMK Negeri 1 Puring Kebumen yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitianini menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukan adanyapeningkatan prestasi belajar siswayaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-ratasiswa tuntas pada observasi awal yaitu 72, nilai rata-rata pada siklus I menjadi 75 dan pada siklusII menjadi 79. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara ExplicitInstruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR 2 SMK N 1 Puring denganditandai meningkatnya hasil belajar.Kata Kunci: Model pembelajaran Explicit Instruction, Prestasi belajar