Peningkatan Kemampuan Operasional Penjumlahan Mata Pelajaran Matematika dengan Mengunakan Media Gambar pada Siswa Kelas III Tunagrahita Ringan SDLB Negeri Semarang

Main Author: Pribadi, Agung Santoso
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia , 2016
Online Access: http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/view/895
http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/view/895/870
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasional penjumlahan mata pelajaran matematika dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SLB Negeri Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah ada peningkatan kemampuan operasional penjumlahan mata pelajaran matematika dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SDLB Negeri Semarang. Subjek penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas III tuna grahita ringan SDLB Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest desain. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t = -6,275 (p