EVALUASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PERKULIAHAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN MAHASISWA YANG BERKARAKTER KARIMAH

Main Authors: Nurjanah, Darul; Politeknik Negeri Jakarta, Abdillah, Abdillah; Politeknik Negeri Jakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Politeknik Negeri Jakarta , 2014
Online Access: http://jurnalpnj.com/index.php/epigram/article/view/545
http://jurnalpnj.com/index.php/epigram/article/view/545/293
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini mengevaluasi metode dan media pembelajaran dalam pelaksanaan perkuliahan pendidikan agama Islam di PNJ dalam hubungan dengan pencapaian perkuliahan untuk menciptakan mahasiswa yang berkarakter karimah. Data dikumpulkan pada 40 mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah pendidikan agama Islam, dengan wawancara sebagai metode pengumpulan data dan analisis deskriptif sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 88% responden menyatakan bahwa metode pembelajaran dalam pelaksanaan perkuliahan Pendidikan Agama Islam pada Politeknik Negeri Jakarta telah mampu menciptakan mahasiswa yang berkarakter karimah. (2) metode pembelajaran yang lebih sering digunakan dosen adalah metode: ceramah, penemuan, diskusi, Tanya jawab, praktik, dan pemberian tugas, (3) metode yang relative jarang digunakan adalah metode demonstrasi, (4) 88% responden menyatakan bahwa media pembelajaran dalam pelaksanaan perkuliahan Pendidikan Agama Islam pada Politeknik Negeri Jakarta telah mampu menciptakan mahasiswa yang berkarakter karimah, dan (5)metode pembelajaran yang lebih sering digunakan dosen adalah media: penggunaan Alquran. Sementara itu, metode yang relative jarang digunakan adalah metode penggunaan pamflet, televise dan tape recorder. Key word: pendidikan agama islam, metode pembelajaran, media pembelajaan, akhlakul karimah ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Abstract This study evaluates the learning methods and media in the implementation of Islamic religious education classes at the PNJ in relation to the achievement of college students to create a good character. Data were collected on 40 students who have followed the course of Islamic education, with interviews as the method of data collection and descriptive analysis as a method of data analysis . The results showed that (1) 88 % of respondents stated that the lecture method of teaching in the implementation of Islamic Education at Jakarta State Polytechnic students have been able to create a goof character, ( 2 ) learning methods are more commonly used method of lecturers are: lecture , discover , discussion, questions and answer, practice, and administration tasks, ( 3 ) are relatively rarely used method is the method of demonstration, ( 4 ) 88 % of respondents stated that instructional media in the implementation of Islamic education classes at Jakarta State Polytechnic students have been able to create a goof character karimah , and ( 5 ) learning methods are more commonly used media professors are: the use of the news . Meanwhile , a relatively rarely used method is the method of use of pamphlets, television and tape recorder. Key words: valuation, learning methods. Media learning