MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS V-B SD NEGERI NO. 105300 SUKA MAKMUR KEC. DELITUA

Main Author: ginting, salim
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FIP Unimed , 2015
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5990
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5990/5320
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa yang mencakup aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran Matematika yang bermuara pada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Subjek penelitian ini diambil di kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua dengan jumlah siswa 29 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 15,2 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum pembelajaran disekolah. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 73,8 dan 82,8. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca (20,5%), bekerja (13,75% ), bertanya sesama teman (3%), menjawab pertanyaan teman (3%) bertanya kepada guru (4,75%), dan yang tidak relevan dengan KBM (5%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain membaca (22,5%), bekerja (44%), bertanya sesama teman (12,5%), menjawab pertanyaan teman (12,5%) bertanya kepada guru (4,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4%). Penerapan metode penugasan selama KBM membuat siswa sangat senang, sangat antusias. Namun demikian masih terdapat keterbatasan dalam penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua ini, diantaranya; 1) materi yang dipelajari pada setiap siklus berbeda meskipun pada pokok bahasan yang sama yaitu “Pecahan”. Hal ini memungkinkan pemahaman siswa terhadap materi berbeda-beda, mungkin pada siklus I tingkat pemahaman siswa lebih tinggi dari pada siklus II, atau sebaliknya. Penelitian ini hanya dilakukan dalam satu kelas yakni kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua karena keterbatasan dana dan waktu, hal ini membatasi kesimpulan akhir hanya berlaku pada kelas subjek tersebut dan perlu pembuktian untuk kelas yang lain. Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Aktivitas Belajar