UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 167645 TEBING TINGGI

Main Author: Syahriani, Syahriani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FIP Unimed , 2017
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5983
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5983/5313
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran problem posing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 167645 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif. Pembelajaran dengan metode problem posing pada materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 167645 kota Tebing Tinggi memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (73,80%), siklus I (80,95%), siklus II (92,85%) dan dinyatakan berhasil secara klasikal.Kata Kunci : Problem Posing, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia