UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI KOOPERATIF THINK, PAIR, SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SDN 010214 TANAH MERAH

Main Author: Irwansyah, Irwansyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FIP Unimed , 2016
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/4477
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/4477/3921
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model koopertif Think, Pair, Share. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 010214 Tanah Merah yang terdiri dari 40 siswa. Pada saat siklus I pada pelajaran IPA nilai rata-rata siswa 64,28 dan yang tuntas 55% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata siswa memningkat signifikan menjadi 80 dan yang tuntas 96%. Hal ini menyatakan bahwa pengunaan model kooperatif Think, Pair, Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Hasil Belajar, Koopertif, Think-Pair-Share