PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS III SD NEGERI 101801 DELITUA

Main Author: Pasaribu, Mariani; Guru SD Negeri 101801 Delitua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED , 2016
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/4453
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/4453/3897
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (StudentTeams Achievement Divisions) pada siswa kelas III SD Negeri 101801 Delitua. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini siswa kelas III SD Negeri 101801 Delitua. Jumlah siswa 38 terdiri 20 perempuan dan 18 siswa laki-laki. Kegiatan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, obsevasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, STAD