Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka

Main Authors: Rahmayati, Gismina Tri, Prastowo, Andi
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FIP Unimed , 2023
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/41424
Daftar Isi:
  • Adanya perubahan kurikulum menjadi Kurikulum Merdeka berdampak kepada guru dalam melaksanakan penerapan pembelajarannya salah satunya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial atau IPAS. Oleh karena itu guru harus mampu memahami perubahan kurikulum tersebut dan dapat menerapkan pembelajaran IPAS sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPAS kelas IV di SDN Pujokusuman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian terletak di SDN Pujokusuman Yogyakarta. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu penerapan pembelajaran IPAS kelas IV melalui tiga proses tahapan kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.