PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD
Main Authors: | Aulia, Desi, Darmansyah, Darmansyah, Fitria, Yanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2022
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/40181 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/40181/20063 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan membaca pemahaman siswa antara yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen jenis post-test only control group design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung 7,254 lebih besar dari ttabel 1,995. Ini berarti terdapat perbedaan signifikan kemampuan membaca pemahaman siswa antara yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.