MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SD NEGERI NO. 101766 BANDAR SETIA
Main Authors: | karo-karo, Demmu, lestari, Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/2185 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/2185/1852 |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 30 orang siswa. Dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 orang (23,3%) yang tidak tuntas sebanyak 23 orang (76%) dengan nilai rata-rata kelas 51,33%. Setelah dilaksanakan siklus I diperoleh siswa yang tuntas belajar 24 orang siswa 81%) yang tidak tuntas 6 orang siswa (20%) dengan nilai rata-rata kelas 74,66. Melihat dari hasil perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajar 28 orang siswa (93,3%) yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa (6,6%) dengan nilai rata-rata kelas 87,66. Peningkatan hasil belajar dari keadaan awal (pre tes) ke seiklus I sebesar 56,67% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,3%. Hasil observasi guru diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan menggunakan model pembelajaran scramble rata-rata 71,87 tergolong tinggi tindakan siklus II pertemuan kedua diperoleh rata-rata nilai 90,63 tergolong sangat tinggi. Kata Kunci : Hasil Belajar, model pembelajaran, dan Scramble