PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR

Main Author: Batubara, Erniwaty
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FIP Unimed , 2018
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/10331
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/10331/9262
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada pelajaran Matematika kelas Va SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Siklus I pertemuan I presentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 9,37%. Pada siklus I pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 31,25%. Pada siklus II hasil yang diperoleh mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I, yaitu pada siklus II pertemuan I persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 65,62% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 84,72% dan telah tergolong berhasil. Pada siklus II pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 100% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 87,50%. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Tipe JIGSAW