PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BAJAHITAM (BAHASA JAWA DAN HITUNG MATEMATIKA) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJARSISWA KELAS IV DI SDN SURYODININGRATAN 3 YOGYAKARTA
Main Authors: | Widianingtyas, Fibriana Irja; Universitas PGRI Yogyakarta, Budiharti, Budiharti; Universitas PGRI Yogyakarta |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal PGSD Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/990 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media papan Bajahitam untuk mata pelajaran Bahasa Jawa dan Matematika pada siswa kelas IV di SDN Suryodiningratan 3 Yogyakarta. 2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap media papan Bajahitam untuk mata pelajaran Bahasa Jawa dan Matematika pada siswa kelas IV. 3)Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas IV setelah menggunakan media Papan Bajahitam. 4) Mengetahui kefektifan produk media Papan Bajahitam pada mata pelajaran Bahasa Jawa dan Hitung Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Suryodiningratan 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan jumlah sampel seluruhnya 30 siswa.Papan Bajahitam menggunakan model borg and gallyang terdiri dari 10 langkah-langkah pengembangan antara laian; 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) produk desain, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk dan 10) produksi massal. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis berupa validasi butir soal, reliabilitas tes, analisis kesukaran soal. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1)Pengembangan media Papan Bajahitam berawal dari analisis kebutuhan dengan melakukan observasi dan wawancara. Selanjutnya melakukan pengumpulan data berupa nilaiserta penyusunan instrumen penelitian seperti observasi, angket respon siswa, tes, dan lembar validasi.2) Respon siswa terhadap media papan Bajahitam pada uji coba terbatas memeproleh skor rata-rata 22,33 dalam kategori “Baik” dan hasil respon siswa pada uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 27,04 dalam kategori “Sangat Baik”. 3) Analisis data N-gain, menunjukan interprestasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa dan Matematika berada dalam kategori “Sedang”.Media Papan Bajahitam dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV yang dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata Bahasa Jawa sebesar 81,67 (76%)dan nilai matematika sebesar 86,66 (86,66%). 4)Papan Bajahitam efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa ditunjukan dengan nilai sig sebesar 0,004 lebih kecil 0,005 dan media Papan Bajahitam tidak efektif digunakan pada mata pelejaran Matematika ditunjukan dengan nilai sig. 0,101 lebih besar 0,005. Kata Kunci: Pengembangan Papan Bajahitam, Media Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran Bahasa Jawa ABSTRACTThis research aims to 1) develop a Bajahitam Board media to Matemathic and Jawa Language leassons for students class of IV at SDN Suryodiningratan 3 Yogyakarta, 2) to discover students response to the Bajahitam Board media , 3) to identify any improvement of academic achievement after implementing the Bajahitam Board media, 4) to identify product effective the Bajahitam Board media to Mathematic and Jawa Language leassons. The research doing at Suryodiningratan 3 Slementary School Yogyakarta. this research was a Research and Development (R&D) with sample were 30 students. The Bajahitam Board media using a Borg and Gall model that have some several stages like 1) potency of problem, 2) data gathering, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision, 6) test product, 7) product revision, 8) usage test, 9) product revision, and 10) mass production. Data collection technique was based on test , observation, questionnare, and documentation. Data analysis is the test isntruments, validity item, reliability test, different power analysis and the difficulty analysis. To determine the learning achievement used the average score. Based on the research results can be concluded that 1) The development of Bajahitam board media starts from the needs analysis by doing observation and interview. Furthermore, collecting data in the form of nilaiserta preparation of research instruments such as observation, student response questionnaires, tests, and validation sheet.2) Student responses to media board Bajahitam on a limited trial memeproleh average score 22.33 in the category of "Good" and the response Students on a field trial scored an average of 27.04 in the "Very Good" category. 3) Analysis of N-gain data, showing students' interpretation on Javanese and Mathematics subjects are in the "Medium" category. Bajahitam Media Board can improve the achievement of fourth grade students as evidenced by the increase of Java Language average of 81.67 (76 %) And a mathematical value of 86.66 (86.66%). 4) Bajahitam board is effectively used in Javanese language learning because the sig value of 0.04 is less 0.005 and Bajahitam board media is not effectively used in Mathematical eye pursuit because the sig value. 0.101 is greater than 0.005. Keywords: Bajahitam Board Development, Mathematics Learning Media, Java Language Learning Media