UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN REWARD STICKER PICTURED SISWA KELAS V SD N 2 PEDES SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA
Main Authors: | Prastiwi, Aprilia Tri; Universitas PGRI Yogyakarta, Wibowo, Ari; Universitas PGRI Yogyakarta |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal PGSD Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/986 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa dengan Menggunakan Reward Sticker Picture Siswa Kelas V SD N 2 Pedes Sedayu Bantul Yogyakarta”. Sikap disiplin siswa pada saat pembelajaran masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa dengan menggunakan reward sticker picture siswa kelas V SD N 2 Pedes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V B SD N 2 Pedes yang berjumlah 17 terdiri dari 10 siswa laki laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif, meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar wawancara guru, lembar checklist disiplin belajar siswa dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis diskriptif data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase dari sikap disiplin belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan reward sticker picture dapat meningkatkan sikap disiplin belajar siswa kelas V B SD N 2 Pedes. Hal ini dapat dilihat dari persentase sikap disiplin belajar siswa dari hasil checklist disiplin belajarnya mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil persentase pra siklus sebesar 75,5% meningkat menjadi siklus I sebesar 83,8% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92% dengan kategori tinggi. Hasil wawancara guru menunjukkan respon positif terhadap penggunaan reward sticker picture. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan reward sticker picture dapat meningkatkan sikap disiplin belajar siswa. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Reward Sticker Picture. ABSTRACT This undergraduate thesis is titled “Effort Improving Learning Discipline Student With Use Reward Sticker Picture Students Of Grade V SD N 2 Pedes Sedayu Bantul Yogyakarta”. Student discipline at the time of learning is lacking. This study aims to improve students' learning discipline by using reward sticker pictured students of grade V SD N 2 Pedes. Subject of the research is of V B Class students of 2 Pedes Elementary School which amounts to 17 students consist of 10 males and 7 females. The type of research is Classroom Action Research (CAR) which is done planning, action, observation, and reflection. The instrument of research used is a non test instrument in the form of teacher observation sheet activities, observation of student activity sheet,teacher queastionnaire and ceklist learning discipline sheets. Analysis using the quantitative descriptive analysis and qualitative. Quanttitative descriptive analysis techniques used to know percentage from learning discipline sudents. The result of study show by using reward sticker picture capable to improve learning discipline attitude of students grade VB elementary school 2 Pedes. This can be seen of result percentage learning discipline attitude from result learning discipline checklist experience upgrading. The result of average percentage pre cycle is 75,5% increase to cycle I is 83,8% increase to cycle II become 92 % with category high. The results of teacher interviews show a positive response to the use of picture sticker rewards. This shows that by using picture sticker reward can improve discipline attitude learning attitude. Keywords : Learning dicipline, Reward Sticker Picture