MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATISARONO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: Jujur Prasetyo, Robertus Sigit; Universitas PGRI Yogyakarta, Murdjanti, Murdjanti; Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal PGSD Indonesia , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/952
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi sumber daya alam dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri Jatisarono Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatisarono sebanyak 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan empat tahapan menurut Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif dengan penyajian tabel rata-rata dan persentase. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD N Jatisarono, dilihat dari nilai rata-rata kelas yang naik dari pra siklus 62,5 dengan persentase ketuntasan 33,33% menjadi 70 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 73,83%, dan naik lagi menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 100% pada siklus II. Selain itu, keaktifan siswa dalam setiap siklus juga meningkat, yaitu dari rata-rata keaktifan 70,85% dengan kategori tinggi pada siklus I menjadi rata-rata 85,4% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Abstract The purposed of this research was to improve social science students achievement in natural resources materials by implementing cooperative learning “Numbered Head Together (NHT)” of IV class students at Jatisarono Elementary School, Nanggulan, Kulon Progo. This research was conducted in Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta on 2013/2014 Academic Year. The research subjects were 24 students consisted of 12 males and 12 females. This research was action research used four phases according to Kemmis and Mc. Taggart: planning, implementation, observation and reflection. This research used a cooperative learning model Numbered Head Together (NHT). Data analysis techniques used descriptive qualitative analysis and quantitative descriptive analysis with a description of the presentation of tables and percentages. The conclusion of this study was the implementation of cooperative learning model “Numbered Head Together (NHT)” can improve learning achievement of Social Science in Natural Resources Material of IV class students at Jatisarono elementary school, it can be seen from the average score of the rising class of pre-cycle 62,5 with a percentage of 33,33% completeness to 70 in the first cycle with the percentage of completeness 73.83%, and increased to 80 with the percentage of completeness of 100% in the second cycle. In addition, the activity of students in each cycle also increased, from an average of 70.85% with high category in the first cycle to an average of 85.4% with a very high category in the second cycle. Keywords: Learning Achievement, Cooperative Learning Model of Numbered Head Together (NHT).