PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA KELAS III SD BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Main Authors: Wulandari, Rian Anggraheni; Universitas PGRI Yogyakarta, Atmojo, Setyo Eko; Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal PGSD Indonesia , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/951
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana mengembangkan bahan ajar berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA kelas III SD Muhammadiyah Mrisi, (2) mengetahui pertumbuhan karakter peduli lingkungan selama penggunaan bahan ajar, dan (3) mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar IPA berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA kelas III SD Muhammadiyah Mrisi. Metode pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D).Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Mrisi pada semester genap.Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Mrisi sebanyak 23 siswa.Prosedur pengembangan: Potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan produk akhir. Teknik dan pengumpulan data: angket, pedoman observasi, pedoman wawancara dan tes.Teknik analisis data yang digunakan: angket lembar validasi ahli materi, ahli media dan angket respon siswa menggunakan skala linkert, pedoman observasi menggunakan analisis kuantitatif, pedoman wawancara guru menggunakan analisis deskripsi, dan tes menggunakan KKM. Hasil penelitian (1) pengembangan ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis lingkungan layak digunakan.Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian ahli materi dengan jumlah skor 96 dengan kriteria sangat baik.Ahli media menilaia bahan ajar dengan jumlah skor 87 dalam kriteria sangat baik. Hasil angket respon siswa uji coba lapangan diperoleh persentase 88,14 % dalam kriteria sangatbaik. Berdasarkan hasil respon guru terhadap bahan ajar IPA berbasis lingkungan mudah digunakan dan mampu menumbuhkan karakter peduli lingkungan untuk anak – anak pada materi cuaca dan sumber daya alam. (2) Hasil skor pertumbuhan karakter pada pembelajaran pertama diperoleh nilai akhir 56,40 dalam kategori sangat kurang, pembelajaran kedua diperoleh nilai akhir 81,15 dalam kategori baik, dan pembelajaran ketiga diperoleh nilai akhir 95,41 dalam kategori amat baik. (3) Hasil ketuntasan dari 23 siswa, 19 siswa sudah mencapai nilai KKM ≥ 70 dengan rata-rata 78,69 presentase 82,60 % dengan kriteria baik. Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Lingkungan, IPA ABSTRACT This research purports to (1) develop environment-based teaching material in Natural Science lesson for Class III in Elementary School (SD) Muhammadiyah Mrisi ; (2) discover improvement in environment-aware attitude during the use of said teaching material; (3) discover students’ completion rate after using environment-based Natural Science material for Natural Science lesson in SD Muhammadiyah Mrisi. Research method is research and development (R&D). The study took place in SD Muhammadiyah Mrisi during the even semester. Research subjects are class III students of SD Muhamadiyah Mrisi as many as 23 persons. Development procedure: potential problem, data collection, product design, product revision, design validation, and final product. Data collection method: questionnaire, observation guide, interview guide and test. Data analysis used: validation blank for teaching material experts, media experts and student response questionnaire using linkert scale; observation guide relies on quantitative analysis; teacher interview guide makes use of description analysis and test is based on minimum completion criteria (KKM). The results of the research are (1) this development proves that environment-based teaching material is suitable for use. This is confirmed by material experts’ score 96 within very good criteria. Media experts scored teaching material 87 within very good criteria. Students response questionnaire resulted in field test result in 88,14% percentage within very good criteria. According to teachers’ response toward environment-based teaching material, ease to use and ability to develop children caring attitude toward environment is reported especially in weather and natural resource chapters. (2) Resulting score in character development in first learning is 56, 40 within very inadequate category, in second meeting final score is 81,15 within enough category, in third meeting final score is 95, 41 within very good category. (3) Average completion rate from 23 students, 19 already reached KKM score ≥ 70, average 78,69 with 82,60% percentage within good criteria. Keywords: Development, Teaching Material, Environment, Nature Science