EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD N KASIHAN BANTUL

Main Authors: Fatoni, Husain; Universitas PGRI Yogyakarta, Gularso, Dhiniaty; Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal PGSD Indonesia , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/949
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar IPS siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Student Team Achievement Division (STAD) dan untuk mengetahui lebih efektif mana antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Kasihan tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SD N Kasihan yang berjumlah 54 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar IPS siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Student Team Achievement Division (STAD). Hal ini diketahui dari uji t prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,001 dan 0,002 atau sig < 0,05 dengan nilai t 3,474 dan 3,379. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Hal ini diketahui dari hasil nilai posttest dengan jumlah rata-rata 80,6667 dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan jumlah rata- rata 72,0833 dari kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tingkat ketuntasan model pembelajaran Jigsaw 63,33% lebih tinggi dari pada model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang nilai ketuntasannya 54,23%. Adanya perbedaan peningkatan nilai prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan tentang pemakaian model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran dan tercapai prestasi belajar yang lebih baik. Kata Kunci: Prestasi Belajar IPS, Jigsaw ,Student Team Achievement Division (STAD). Abstract This research aimed to know is there any difference of student social learning achievement between using Jigsaw cooperative learning model with Student Team Achievement Division (STAD) and to find which one was more effective between them in improving the social learning achievement. This research was a quantitative approach with the experimental method of Quasi Experimental Design. The populations were V class students at Kasihan Elementary School in the Academic Year 2016/2017. Samples were VA and VB dasses around 54 students. Selection of one class as an experimental group and a control group class is done deliberately. Data collection techniques used tests, interviews, and documentation. Analysis of the data used a statistical method parametric t test (t-test) with a significance level of 0.05. The research concluded that (1) there was a difference between the students' learning achievement in social study used Jigsaw cooperative learning model with Student Team Achievement Division (STAD). It was known from the t test students achievement with 0,001 and 0,002 or sig <0.05 by t 3,474 and 3,379. (2) Jigsaw type model of cooperative learning was more effective than cooperative learning Student Team Achievement Division (STAD) model in improving the social learning achievement. It was known from the results of the post test with the average score 80,6667 from the experimental group used Jigsaw cooperative learning model and the average 72,0833 from control group used cooperative learning Student Team Achievement Division (STAD) model and the level of Jigsaw learning model 63.33% higher than the learning model Student Team Achievement Division (STAD) whose score is 54.23%. The big difference in the increased in the score of learning achievement by using model can be used as information and consideration of the used of learning models that match the characteristics of the students so that the students were expected to be easier to understand the lessons and achieve better learning achievement. Keywords: Social Learning Achievement, Jigsaw, Student Team Achievement Division (STAD).