PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN STAD ( STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD IT AR-ROHMAH KRETEK BANTUL

Main Authors: Warsini, Dwi; Universitas PGRI Yogyakarta, Warniasih, Kristina; Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal PGSD Indonesia , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/946
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika menggunakan media gambar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas III SD IT AR-Rohmah Kretek Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD IT AR-Rohmah Kretek Bantul yang berjumlah 25 siswa. Prosedur penelitian menggunakan metode dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus terdapat tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rata-rata dan presentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa kelas III SD IT AR- Rohmah Kretek Bantul. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu nilai rata- rata pra siklus sebesar 65,40 menjadi 69,92 pada siklus I dan 79,36 pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar meningkat dari 32% pada pra siklus menjadi 60% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Kata kunci : Media gambar, Student Team Achievement Divisions (STAD), Prestasi belajar Matematika MATHEMATIC LEARNING ACHIEVEMENT IMPROVEMENT BY USING PICTURES THRONG STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ) COOPERATIVE LEARNING MODEL OF THREE CLASS STUDENTS AT AR-ROHMAH ISLAM TERPADU ELEMENTARY SCHOOL KRETEK BANTUL By: Dwi Warsini, NIM 10144600029 Elementary School Education Study Program Teacher Training and Education Faculty PGRI University Yogyakarta 2017 E-mail: Arsinied@yahoo.co.id Abstract The purposed of this study was to determine an effort of mathematic learning achievement improvement by using pictures throngh STAD (Student Teams Achievement Divisions) cooperative learning model of three class students at Ar Rahmah Islam Terpadu Elementary School Kretek Bantul. The research type was a Classroom Action Research (CAR). The subjects were 25 students. Research procedures used Kemmis and Taggart design which consisted of planning, observation, and reflection. In each of cycle, there was test which is used to measure the students achievement. Analysis of the data by using the average and percentage of completeness. The research result showed that the implementation of STAD (Students Teams Achievement Divisions) cooperative learning model can improve the mathematic learning achievement. It was indicated by the increasing of class average score was 65,40 in the pre cycle into 69,92 in the first cycle and 79,36 in the second cycle. The learning completeness increased from 32% in the pre cycle into 60% in the first cycle, and 92% in the second cycle. Keywords : Achievement, Pictures, Students Teams Achievement Divisions (STAD Mathematic