ASSESSMENT KEBUTUHAN PEDOMAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT SMK DI KOTA YOGYAKARTA

Main Authors: Safitri, Nindiya Eka; Universitas Ahmad Dahlan, Putranti, Dwi; Universitas Ahmad Dahlan
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Yogyakarta , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/gjbk/article/view/900
Daftar Isi:
  • Program bimbingan dan konseling komprehensif disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik dan lingkungannya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menyiapkan lulusan yang siap kerja sehingga memerlukan program bimbingan dan konseling komprehensif yang menunjang tujuan pendidikan di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru bimbingan dan konseling akan pedoman penyusunan program bimbingan dan konseling komprehensif di tingkat SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif menggunakan instrumen berupa wawancara dan studi dokumentasi dengan teknik analisis model Miles dan Hubbersman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMK cenderung menginginkan pedoman penyusunan program bimbingan dan konseling komprehensif dalam bentuk cetak. Adapun kajian materi yang dibutuhkan meliputi pengembangan rasional, visi dan misi, deskripsi kebutuhan, tujuan layanan, komponen layanan, bidang layanan, pengembangan tema/topik, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut, anggaran biaya dan rencana kegiatan (action plans). Kata Kunci: guru BK, bimbingan dan konseling, komprehensif, SMK