PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KECAMATAN SAMIGALUH KULON PROGO

Main Authors: Fitrianingsih, Martina; PGSD UPY, Gularso, Dhiniaty
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal PGSD Indonesia , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/863
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola asuh yang diterapkan orang tua siswa kelas V SD se-gugus V Kecamatan Samigaluh Kulon Progo, Karakter disiplin siswa kelas V SD se-gugus V Kecamatan Samigaluh Kulon Progo, dan Besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter disiplin anak kelas V SD se-gugus V Kecamatan Samigaluh Kulon Progo tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian dilaksanakan di SD se-gugus V Kecamatan Samigaluh Kulon Progo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus V Kecamatan Samigaluh Kulon Progo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 58 siswa dan sampel penelitian yang berjumlah 58 siswa dengan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket, Pola asuh orang tua menggunakan angket lalu karakter disiplin siswa juga menggunakan angket. Uji coba instrumen meliputi Uji validitas dan Uji realibilitas. Uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pola asuh orang tua (X) dilihat dari besarnya Mean (M) = 62,5 berada pada kelas interval 56,25 < X  68,75 dengan presentase = 15,52%. berada pada kategori cukup. (2) kedisiplinan siswa (Y) dilihat dari Mean (M) = 50 berada pada kelas interval 45 < X ≤55 dengan presentase = 12,07% berada pada kategori sedang. (3) ada pengaruh yang positif pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD se-gugus V Kecamatan Samigaluh Kulon Progo Tahun pelajaran 2016/2017, dengan diperoleh p = 0,001 < 0,05. Artinya semakin baik pola asuh orang tua maka semakin tinggi kedisiplinan siswa. Demikian juga sebaliknya semakin kurang pola asuh orang tua maka semakin rendah kedisiplinan siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa akan memberikan wawasan dan pandangan bagi orang tua dan sekolah dalam mewujudkan peningkatan karakter kedisiplinan siswa yang lebih baik.Kata kunci : pola asuh orang tua, kedisiplinan siswa.