UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV

Main Authors: Arnanda, Briandika Doni; PGSD UPY, Sulistyono, Trubus
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal PGSD Indonesia , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/859
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaranmind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Donorejo,Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalahmind mapping. Analisis data menggunakan rata-rata hitung dan persentasi ketuntasan minimal. Berdasarkan analisis data penelitian, Prestasi belajar siswa pada saat prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh 66,78 persentase ketuntasan sebanyak 39,13%, kemudian setelah melaksanakan tindakan pada siklus I meningkat 10,17% diperoleh hasil nilai rata-rata siswa menjadi 74,78 dengan peresentase ketuntasan sebanyak 60,86%. Pada siklus II mengalami peningkatan 13,70% nilai rata-rata kelas menjadi 77,39 dengan persentase ketuntasan mencapai 86,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaranmind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn. Kata kunci: Prestasi Belajar PKn, Pendidikan Kewarganegaraan, Model PembelajaranMind Mapping