PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN KETERAMPILAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Deri Anggraini, Budiharti dan |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/830 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh pendekatan matematika realistik pada kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita pada sswa sekolah dasar; 2) mendeskripsikan pengaruh keterampilan membaca pada kemampuan pemecahan masalah pada soal ceritapada siswa sekolah dasar, dan 3) mendeskripsikan pengaruh interaksi pendekatan matematika realistik dan keterampilan membaca terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Postest only non-ekuivalen multiple-group design, menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di kecamatan Kasihan Bantul. Pengambilan sampel melalui stratified cluster random sampling berdasarkan ranking dalam perolehan nilai rata-rata UASBN tahun 2010. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik dengan uji analisis variansi dua jalur 2 x 3. Hasil Penelitian ini adalah : 1) pendekatan matematika realistik berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita pada sswa sekolah dasar; 2) keterampilan membaca berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah pada soal ceritapada siswa sekolah dasar yaitu keterampilan membaca tinggi berbeda dan lebih baik dari ketemapilan membaca yang sedang dan rendah, dan 3) interaksi pendekatan matematika realistik dan keterampilan membaca tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci : matematika realistik, keterampilan membaca, kemampuan memecahkan masalah Abstract This study aim to: 1) describe the effect of realistic mathematic approach to problem solving abilities in word problems in elementery school students, 2) describe the influence of reading skills in problem solving skills in word problems in elementary school students, and 3) describes the influence of the interaction realistic mathematics approach and reading skills of problem solving abilities.This study was a quasy experimental study with a Postest only non-ekuivalen multiple-group design, using experimental and control groups. The pupulation in this study were elemenary school students in the Disctrict Kasihan Bantul. Sampling through stratified cluster random sampling based on ranking in the acquisition of the average value UASBN 2010. The data analysis technique used in this study is a statisctical technique to test a 2 x 3 analysis of variance.The result of this study are: 1) realistic mathematical approach effect on problem solving in word problems in elementary school students, 2) reading skill effect on the problem solving in word problem in elementary school, 3) realistic mathematical approach and reading skill interaction doesnt effect on problem solving ability Keywords : Realistic Mathematics, Reading skill, ProblemSolvingSkill